Manfaat Pijat Laktasi Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat Pijat Laktasi

Pentingnya manfaat ASI untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang membuat setiap Ibu menginginkan proses menyusui agar berjalan lancar. Namun, acapkali muncul hambatan seperti ASI yang keluar tidak lancar.

ASI yang tidak lancar dapat disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya karena munculnya perasaan cemas dan stres yang berlebih sehingga berdampak pada produksi ASI. Untuk membantu membuat Ibu tetap merasa tenang, nyaman dan tidak stres di masa menyusui, Ibu bisa melakukan pijat laktasi. Pijat lakstasi memicu produksi hormon oksitoksin, hormon yang berperan penting dalam proses pengeluaran ASI.

Pijat laktasi adalah salah satu teknik yang bisa dilakukan ibu baru melahirkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan payudara. Salah satunya adalah membantu melancarkan produksi ASI. Teknik pijat laktasi juga sering dilakukan saat terasa ada sumbatan pada puting, yang diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran ASI di payudara.

Untuk melakukan pijat laktasi, pastikan Mama sedang rileks dan tidak terburu-buru, ya. Sediakan waktu setidaknya minimal 15 menit. Akan lebih baik pula jika pijat laktasi dilakukan sebelum waktunya menyusui atau memerah ASI.

Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian siapkan minyak pijat yang berbahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Mama bisa menggunakan minyak zaitun, baby oil atau minyak kelapa.

Manfaat Pijat Laktasi

Berikut kami sajikan beberapa manfaat pijat laktasi yang umum didapatkan oleh ibu menyusui, diantaranya:

  1. Memperlancar produksi ASI Manfaat pertama yang diperoleh oleh ibu menyusui dengan teknik pijat laktasi, tidak lain ialah untuk meningkatkan produksi ASI. Jika seorang wanita menyusui memiliki produksi ASI yang tidak lancar, maka dapat dilakukan teknik pijat laktasi. Teknik pijat untuk memperlancar ASI yaitu dengan melakukan pemijatan pada area payudara. Pada umumnya, wanita yang telah melahirkan belum memiliki produksi ASI yang cukup berlimpah. Hal ini dikarenakan masih belum stabilnya produksi ASI di dalam payudara ibu hamil. Untuk itu, manfaat pijat laktasi memang sangat diperlukan untuk seorang wanita menyusui yang mempunyai masalah dengan produksi ASI.
  2.  Membuat ibu menyusui lebih rileks Setelah melahirkan tentunya seorang wanita akan mengalami kelelahan yang memang tidak ada bandingannya sama sekali. Untuk itu, seorang ibu menyusui memerlukan suatu relaksasi yang dapat membuat tubuhnya lebih rileks dan juga lebih nyaman. Pijat laktasi memang dipercaya dapat membuat tubuh ibu menyusui lebih nyaman.
  3. Mengencangkan payudara Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang wanita yang sudah pernah hamil dan juga melahirkan memiliki perubahan yang cukup signifikan baik dari postur tubuh dan juga payudara, terlebih pasca menyusui. Untuk itu, pijit laktasi tidak hanya bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI, juga dapat menjaga payudara tetap kencang dan bentuk yang sempurna.
  4. Merawat payudara Payudara memang perlu kita jaga dan juga rawat karena berhubungan dengan ASI yang akan kita berikan kepada si kecil. Menjaga dan juga merawat payudara tetap bersih dan juga sehat memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Untuk itu, merawat dan juga menjaga payudara tetap bersih dengan teknik pijat laktasi memang sangat dianjurkan.

Cara Melakukan Pijat Laktasi

  1. Untuk mengawali pijat laktasi, Ibu perlu mengompres kedua payudara dengan lap yang direndam air panas.
  2. Basahi kain kasa dengan baby oil, lalu usap di sekujur puting untuk membersihkan area puting yang kotor.
  3. Pijat puting dan areola (daerah kemerahan di sekitar puting) ke arah atas, bawah, kanan dan kiri sebanyak 5-6 kali
  4. Topang payudara kiri menggunakan tangan kiri, urut payudara dari pangkal ke arah puting menggunakan tangan kanan. Lakukan bergantian dengan payudara kanan.
  5. Bersihkan kedua payudara dengan air hangat lalu kompres menggunakan lap yang direndam air dingin.
  6. Lanjutkan dengan pijatan lembut di bagian kepala, leher, bahu dan punggung

Selain dilakukan untuk mengatasi masalah menyusui seperti payudara yang bengkak dan keluarnya ASI yang tidak lancar, Ibu juga bisa melakukan pijat laktasi sebelum si Kecil lahir, yaitu pada usia lima bulan kehamilan. Pijat yang dilakukan di masa kehamilan ini bertujuan agar sistem pada payudara Ibu lebih siap untuk proses menyusui si Kecil kelak.

Tags: