Manfaat Pijat Tradisional untuk Kebugaran Tubuh

 Artikel

Manfaat Pijat Tradisional Bagi Tubuh

Pijat tradisional cukup banyak diminati oleh masyarakat tanah air. Baik hanya untuk kebugaran tubuh atau meredakan rasa nyeri akibat cidera, sakit kepala dan lain sebagainya. Manfaat pijat tradisional pada dasarnya adalah sebagai sarana relaksasi yang ditujukan untuk melepas kepenatan setelah beraktivitas seharian. Namun, saat ini justru pijat dapat meredakan beberapa gejala penyakit tertentu. Secara umum, pijat merupakan suatu kegiatan memberikan tekanan pada bagian anggota tubuh. Tekanan tersebut biasanya diberikan pada bagian tendon, ligamen dan otot dengan menggunakan teknik tertentu. Sekarang ini, Anda dapat dengan mudah menemukan tempat terapi pijat dimanapun, mulai dari jasa tukang pijat biasa hingga di tempat spa mahal sekalipun. Umumnya, harga terapi pijat tradisional biasa lebih murah dibandingkan dengan terapi pijat yang ada di spa-spa mahal.

Manfaat Pijat Tradisional Bagi Tubuh

Sebelum mendalami manfaat pijat tradisional, perlu Anda ingat bahwa tidak semua orang dapat melakukan terapi pijat. Dibutuhkan latihan dan pengalaman agar seseorang dapat melakukan terapi. Bahkan saat ini sudah banyak terapis pijat yang harus memiliki sertifikat agar dapat dipercaya. Pasalnya, pijat memijat berhubungan dengan jaringan otot sehingga cukup membahayakan apabila terjadi kesalahan. Dibalik itu semua, ada cukup banyak manfaat dari melakukan pijat tradisional. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meredakan nyeri punggung

Manfaat pijat tradisional yang pertama adalah meredakan nyeri punggung. Punggung yang merasa nyeri atau pegal-pegal, biasanya dikarenakan adanya siklus aliran darah yang tidak lancar. Hal ini bisa terjadi oleh beberapa sebab, diantaranya adalah stress, terlalu lama duduk, terlalu banyak mengangkat beban dan lain sebagainya. Dengan pijatan, maka kekakuan pada otot akan segera dirileksasi. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa terapi pijat lebih terasa khasiatnya untuk meredakan rasa nyeri di punggung daripada menggunakan obat-obat penghilang rasa sakit atau akupuntur.

  1. Meringankan rasa sakit kepala

Banyak orang yang mengeluh sakit kepala lebih memilih menggunakan terapis pijat dibandingkan harus menenggak obat-obatan pereda rasa sakit. Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah peredaran darah yang tidak lancar. Hal inilah yang sering menimbulkan masalah migrain. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tidur yang tidak berkualitas. Oleh karena itu, setelah melakukan pijatan, biasanya pengguna akan merasa rileks, sirkulasi darah lancar dan tidur pun menjadi lebih berkualitas.

  1. Meredakan rasa nyeri akibat Osteoartritis

Manfaat selanjutnya adalah meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh Osteoartritis. Sekedar informasi, Osteoartritis yang terjadi pada tubuh dapat menyebabkan penderitanya merasakan nyeri yang sangat menyakitkan pada daerah lutut. Nyeri tersebut juga bisa menyebabkan kekakuan sehingga pasien akan merasa ngilu dan sakit saat menggerakkan lututnya. Melakukan terapi pijat sebanyak satu hingga dua kali dalam sepekan dapat mengurangi rasa nyeri tersebut.

  1. Meredakan sakit beberapa penyakit

Manfaat pijat tradisional selanjutnya adalah sebagai suatu teknik penanganan alternatif yang bisa dilakukan di samping pengobatan medis untuk berbagai penyakit. Terapis pijat lebih condong menjadi suatu sarana relaksasi untuk meredakan kecemasan dan juga depresi. Pijat tradisional dipercayai banyak orang untuk mengurangi gejala yang timbul oleh beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker. Tak hanya itu, terapis pijat juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat pembengkakan, meningkatkan sistem imun tubuh, kelelahan dan lain sebagainya.

Meskipun manfaat pijat tradisional sangatlah banyak, terapi pijat terbilang tidak tepat untuk diterapkan pada pasien yang menderita penyakit tertentu. Beberapa diantaranya adalah osteoporosis yang parah, patah tulang, luka bakar, pendarahan dan lain sebagainya.

Author: