Macam-Macam Pijat Untuk Kesehatan

 Artikel

Macam-Macam Pijat Untuk Kesehatan

Pijat sudah dilakukan sejak zaman dahulu untuk memberikan relaksasi pada otot-otot tubuh yang tegang. Bahkan setiap Negara memiliki teknik pijatnya masing-masing yang diyakini bukan hanya bermanfaat untuk relaksasi namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena manfaat pijat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh, tidak heran jika pijat selalu menjadi pilihan untuk dapat meregangkan tubuh.

Setiap teknik pijat yang dilakukan memiliki khasiatnya tersendiri. Karena itu, sebaiknya ketahui dahulu macam-macam teknik pijat agar dapat memilih teknik pijat yang tepat sesuai dengan apa yang sedang dirasakan. Beberapa macam teknik pijat pada umumnya, diantranya ialah sebagai berikut:

Macam-Macam Pijat Untuk Kesehatan

  • Aromatherapy Massage.

Seperti namanya, teknik pijat jenis ini menggunakan aromaterapi sebagai media untuk melakukan pijat dan juga sebagai media untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa aromaterapi dapat memberikan efek menenangkan pada orang yang menciumnya. Karena itu, tidak salah jika aromaterapi digunakan untuk kepentingan pijat relaksasi dan juga pengobatan.

Jenis pijat ini biasanya banyak tersedia di kelinik kesehatan, spa, dan juga klinik kecantikan. Untuk anda yang memiliki keluhan sakit kepala atau migraine, maka jenis pijat ini merupakan pilihan yang terbaik untuk meredakannya. Begitu pula jika sedang merasa stress dan tertekan. Ini karena jenis pijat aripmaterapi akan memberikan sensasi menenangkan yang sampai pada syaraf serta membantu untuk melancarkan sirkulasi darah.

  • Balinese Massage.

Jika pijat aromaterapi sangat cocok sekali untuk melakukan relaksasi, maka jenis pijat yang berasal dari Bali ini sangat cocok untuk meregangkan otot-otot yang tegang akibat cedera dan bahkan nyeri sendi. Pijatnnya merupakan pijatan yang intens sehingga dapat melemaskan otot yang kaku. Pijatan ini sendiri merupakan gabungan dari teknik refleksi dan pijat yang digabungkan dengan teknik acupressure. Karena itu, tidak heran jika jenis pijat ini dapat mengatasi otot yang tegang dan kaku yang diakibatkan oleh nyeri sendi dan juga cedera ringan.

  • Swedish massage.

Bagi yang pertama kali melakukan terapi pijat maka jenis Swedish massage merupakan pilihan yang tepat. Jenis pijat ini sebenarnya lebih mengarah pada relaksasi tubuh. karena itu, jenis pijat ini akan membuat semua anggota tubuh terasa lebih rileks. Gerakan pijat ini bervariasi yang terdiri dari gerakan menekan, meremas serta memutar. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan cara yang lembut serta memanjang. Inilah mengapa jenis pijat seperti ini cocok bagi yang baru pertama kali melakukan terapi pijat.

Gerakan-gerakan pijat tersebut dilakukan dengan mengikuti aliran sirkulasi darah menuju arah jantung. Dengan begitu, jenis pijat ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Karena banyaknya jenis teknik pijat yang beragam, karena itu penting untuk mengatakan keluhan kepada pemijat.

Author: