Macam-Macam Ilmu Pijat Tradisional di Indonesia

 Artikel

Macam-Macam Ilmu Pijat Tradisional di Indonesia

Di jaman yang sudah sangat modern ini, terapi pijat ternyata masih juga berkembang dengan sedemikian rupa. Pijat tradisional sebenarnya memiliki banyak manfaat. Panti-panti pijat adalah pilihan untuk mendapatkan kebugaran tubuh kembali. Sayangnya, kata panti pijat sering kali diasosiasikan sebagai tempat yang buruk karena menyajikan “pijat” yang bukan sebenarnya. Padahal, tidak semua panti pijat demikian. Oleh karena itu, agar tidak salah persepsi, ilmu pijat tradisional tidak selalu dikembangkan di panti-panti pijat. Pusat spa dan kebugaran juga menerapkan ilmu pijat untuk para terapis mereka. Pijat refleksi adalah andalan bagi sebagian besar orang untuk mengatasi penat di tubuh.

Ilmu Pijat Tradisional yang Berkembang di Indonesia

Perlu diketahui bahwa pijat di Indonesia memang mendapatkan pengaruh dari berbagai negara lain sehingga memberikan keanekaragaman. Pada ulasan kali ini, akan dijelaskan mengenai ilmu pijat tradisional yang berkembang di Indonesia. Informasi ini akan bermanfaat untuk menentukan sebenarnya pijat seperti apa yang Anda butuhkan. Ilmu pijat yang pertama adalah pijat refleksi. Pijat semacam ini tersedia di pusat-pusat kebugaran. Saat penat melanda, Anda bisa mengunjungi pusat kebugaran untuk menjalani terapi pijat refleksi. Titik-titik tertentu pada tubuh akan mendapatkan pijatan sehingga rasa lelah dan penat itu pun hilang. Pijat refleksi biasanya ditemani juga dengan lilin aroma terapi sehingga membuat Anda merasa benar-benar rileks. Pijat semacam ini bisa Anda coba.

Ilmu pijat tradisional selanjutnya adalah pijat bekam. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata bekam. Ciri khas pijat semacam ini adalah setelah dipijat, akan ada bekas hitam di tubuh pasien. Tahukah Anda darimana ilmu pijat ini berasal? Bekam sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia. Ilmu pijat ini bahkan sudah berkembang pada zaman mesir kuno. Perkembangannya semakin meluas hingga ke daratan Asia dan Eropa. Ada banyak nama untuk terapi pijat semacam ini. Di kebudayaan bangsa Melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di daratan China dikenal sebagai Gua-sha. Di daratan Eropa dikenal dengan Cupping, dan dalam bahasa Arap disebut sebagai Hijamah.

Pada dasarnya, ilmu pijat bekam ini bermanfaat untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh manusia. Cara mengeluarkan darah kotor ini sangat unik bahkan tidak membutuhkan alat medis. Darah kotor akan keluar dari permukaan kulit dengan warna kehitaman, kemudian akan ditampung dalam gelas. Sebagian besar orang masih merasa takut untuk melakukan pijat ini. Padahal, selama dilakukan oleh professional, maka pijat semacam ini masih tetap aman. Pijat ini dapat mengatasi berbagai penyakit. Darah kotor yang dikeluarkannya bisa membuat tubuh sehat kembali dan terhindar dari segala penyakit. Ilmu pijat tradisional bisa dijadikan pengobatan alternatif.

Apa manfaat bekam? Terapi ini bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas syaraf. Terapi ini juga dapat memperbaiki pembuluh darah, mencegah kejang dan memar pada otot. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan diantaranya adalah migrain, sakit gigi, reumatik, encok, radang ginjal, luka bernanah, keracunan, dan berbagai gangguan mata. Penyakit kulit seperti bisul, jerawat, dan gatal-gatal juga bisa diatasi dengan bekam. Ilmu pijat tradisional ini memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Agar tidak salah terapi, sebaiknya pilihlah ahli pijat yang profesional. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadi sesuatu. Mengunjungi panti pijat yang berijin adalah cara pencegahan yang tepat. Demikian informasi berkaitan dengan pijat dan ilmunya. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Author: