Jenis-Jenis Pijat Yang Populer

 Artikel

Jenis-Jenis Pijat Yang Populer

Bagi kebanyakan orang pijat merupakan cara untuk menghilangkan penat dan membuat badan menjadi rileks. Namun ternyata manfaat pijat bukan hanya untuk membuat tubuh menjadi rileks saja namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Ini karena pijat dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sirkulasi darah yang menjadi lancar sehingga dapat menyalurkan oksigen serta nutrisi keseluruh organ tubuh membantu untuk proses detoksifikasi racun. Selain itu, otot-otot yang tegang akan mulai tenang sehingga akan mengatasi masalah nyeri pada bagian tubuh tertentu dan juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Bahkan, bukan hanya untuk kepentingan relaksasi dan juga kesehatan tapi juga untuk kepentingan kecantikan kulit. Karena itu, tidak aneh jika terdapat banyak kecantikan dan juga spa saat ini. Sekarang ini, terdapat banyak sekali jenis pijat dimana-mana. Diantranya yang paling umum diketahui diantaranya ialah:

Jenis Pijat Yang Populer

  • Pijat Tradisional.

Pijat tradisional adalah salah satu jenis pijat yang sangat popular. Tukang pijat tradisional biasanya menggunakan minyak saat melakukan pijatan. Jenis pijat ini cocok untuk relaksasi menghilangkan penat dan stress. Selain itu, jenis pijat tradisional juga sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan oleh keseleo atau pun karena sakit kepala, sehingga pijat tradisional sering juga digunakan untuk pengobatan. Pijat ini dilakukan dengan teknik urut serta menggunakan jari dan juga telapak tangan pada area yang sakit dan juga area lainnya untuk relaksasi.

  • Pijat Refleksi.

Pijat refleksi biasanya dilakukan dengan menggunakan jari dan juga terkadang dengan alat bantu pijat refleksi lainnya seperti kayu bambu dan lainnya. Pijat refleksi dilakukan dengan menekan titik-titik refleksi tertentu yang menghubungkan dengan organ tubuh lainnya. Biasanya titik refleksi tersebut ada pada area punggung kaki, telapak kaki, serta tangan. Titik-titik refleksi tertentu akan mengarah pada organ tubuh tertentu. Karena itu, jika ada keluhan sakit pada organ tubuh tertentu atau ingin menenangkan otot-otot yang tegang, akan dilakukan pijat refleksi yang menghubungkan dengan keluhan yang terjadi. Selain dengan menggunakan jari tangan, pijat refleksi juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantuan pijat refleksi seperti batu ataupun kayu.

  • Shiatsu.

Shiatsu merupakan jenis pijat yang popular yang berasal dari Jepang. Karena itu, pijat Shiatsu juga dikenal dengan pijat Jepang. Jenis pijat ini dilakukan dengan menggunakan seluruh jari pada tangan yang ditekankan pada titik-titik tertentu. Shiatsu tidak memakai alat bantu apapun dan juga tidak menggunakan minyak untuk memijat.

  • Pijat Thai.

Kemudian ada juga pijat Thai yaitu jenis pijat yang dilakukan dengan cara memutar, menarik, dan menekan yang dilakukan dengan menggunakan siku, kaki, serta tubuh. Pijat ini dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan serta relaksasi tubuh.

Author: