Cara Pijat Kesehatan Untuk Sang Buah Hati

 Artikel

Cara Pijat Kesehatan Untuk Sang Buah Hati

Pijat kesehatan pada bayi dapat dilakukan ketika bayi mulai lahir, hal ini dapat dilakukan dengan rutin untuk menjalin hubungan antara ibu dan anak serta membuat bayi merasa lebih santai. Pijatan pada bayi sebaiknya dilakukan ketika bayi berada dalam kondisi tenang, atau belum terlalu mengantuk. Selain itu kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang lembut sebagai bagian dari relaksasi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dilakukan pada pijat bayi, diantaranya:

Pijat Kesehatan Untuk Sang Buah Hati

  • Peregangan.

Ketika bayi berada dalam posisi terlentang, peganglah kedua bagian kaki bayi serta lututnya secara bersamaan, kemudian tempelkan bagian lutut hingga mencapai bagian perut bayi. Gerakan ini umumnya dapat membantu bayi dalam membuang gas. Setelah itu pegang kedua kaki juga lututnya kemudian putar secra melingkar menuju arah kiri dan kanan, hal ini berguna untuk melemaskan pinggul bayi serta dapat menyembuhkan sakit perut.

  • Memijat kaki bayi.

Peganglah kedua kaki bayi dengan menggunakan satu tangan, kemudian tepuk-tepuk sepanjang bagian tungkainya. Usaplah secara naik turun dari bagian jari kaki hingga pinggul. Sedangkan untuk telapak kaki dapat dilakukan dengan menarik bagian jari-jarinya. Gunakanlah jempol ketika hendak mengusap bagian bawah dari kaki yang dimulai pada tumit hingga keki dengan pijatan melingkar.

  • Memijat perut bayi.

Pijatan ini dilakukan dengan menggunakan ujung jari dari tangan Anda. Pijatan tersebut dilakukan dengan gerakan kecil melingkar. Selain itu gunakan pula pijatan I Love U. Hal ini dilakukan dengan menggunakan 2 hingga 3 jari untuk membentuk huruf I Love U. Hal ini jika dilakukan dari posisi Anda maka akan terbalik. Seperti halnya pada tahapan berikut ini: Urut bagian kiri bayi dari bagian bawah iga hingga bagiab bawah lainnya membentuk huruf I, Setelah itu urutlah secara melintang dari bagian kanan menuju kiri bayi dan turun ke bawah hingga membentuk huruf L, Kemudian urutkanlah dari bagian kanan bawah pada bayi. Kemudian naik ke kanan dari bagian atas bayi. Buatlah dengan bentuk melengkung menyerupai U dan kemudian melakukan penurunan kermbali ke sisi kiri bayi. Hal ini dilakukan karena semua gerakan selalu berakhir pada bagian perut sebelah kiri

  • Memijat bagian punggung bayi.

Untuk melakukan gerakan yang satu ini, maka Anda tinggal menelungkupkan bayi terlebih dahulu di atas lantai atau pun di bagian atas dari kedua kaki Anda. Setelah itu gerakanlah kedua tangan Anda secara naik dan turun dimulai dari bagian atas pada panggulnya hingga menuju arah pantat. Pijatan ini dilakukan dengan membentuk lingkaran kecil yang dilakukan pada sepanjang tulang punggung. Sementara itu untuk lengkungan jeri-jemari Anda masih dapat digunakan untuk menggaruk pungug menuju arah bawah.

  • Pijat bagian kepala serta wajah bayi.

Angkatlah bagian belakang dari kapala bayi dengan menggunakan kedia telapak tangan Anda. Kemudian usaplah bagian kulit kepala dengan ujung jari. Setelah itu gosok daun telinga dan usaplah bagian alis  mata. Biarka kedua kelopak mata bayi tertutup dan mulailah untuk melakukan pemijatan. Hal ini dilakukan dari bagian tulang hidung hingga menyeberang ke arah kedua pipi. Setelah itu pijatlah bagian dagu dengan menggunakan gerakan lingkaran kecil.

Author: